win 101 1

Cara Menambahkan Aplikasi Kedalam Windows 10 Start Up

Setiap kita menginstal sebuah program aplikasi baru pada komputer kita biasanya program tersebut akan membuat sebuah shortcut baru di system startup folder dengan maksud agar aplikasi tersebut dapat berjalan secara otomatis setiap kita menghidupkan komputer kita.

Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi tersebu memang dibutuhkan agar dapat berjalan melalui sistem windows start up dikarenakan beberapa alasan seperti untuk alasan keamanan (program anti virus) atau untuk alasan kemudahan dan aksesibilitas seperti (skype yang otomatis membuka port 80 pada komputer kita.

Dengan kata lain mungkin saja beberapa Pengguna windows ingin menempatkan program program aplikasi tersebut pada folder yang berbeda untuk alasan kemudahan dan beberpa alasan lainnya

Apa itu Folder Startup di Windows?

Folder startup Windows adalah folder unik di komputer Anda karena program apa pun yang Anda masukkan akan langsung dijalankan saat Anda menyalakan komputer. Ini memungkinkan Anda untuk meluncurkan aplikasi penting tanpa harus ingat untuk melakukannya sendiri.

Perlu dicatat bahwa Windows 10 menawarkan fungsi awal yang membuka kembali program yang terakhir Anda gunakan. Ini tidak tergantung pada folder startup, dan jika Anda memilih, Anda dapat mencegah Windows membuka kembali aplikasi terakhir Anda.

Beberapa program berjalan secara otomatis saat Anda memulai sistem operasi atau masuk ke komputer, dan Anda tidak perlu melakukan apa pun. Program-program ini diluncurkan dari folder startup di sistem Microsoft seperti Windows 10.

Beberapa aplikasi ini telah ditentukan sebelumnya oleh Microsoft, sementara yang lain dibuat oleh pengguna. Kami akan mengajari Anda cara menambah dan menghapus aplikasi dari startup di Windows 10 dan mendiskusikan program mana yang harus selalu dijalankan saat peluncuran.

Folder startup di Windows 10

Windows 10 segera meluncurkan semua aplikasi atau file yang bernama di startup folder segera setelah Anda menyalakan komputer atau masuk ke akun pengguna Anda. Sampai Windows 8, aplikasi ini dapat dilihat dan diubah langsung dari menu Start up. startup folder hanya dapat diakses dari file pengguna Anda sendiri pada versi 8.1 dan lebih tinggi, termasuk Windows 10.

Selain startup folder pribadi Anda, ada folder startup Semua Pengguna. Ketika semua pengguna masuk, program dalam folder ini segera dimulai. Administrator sistem biasanya bertanggung jawab atas folder ini. Folder ini juga dapat diakses oleh Windows 10, misalnya saat menginstal perangkat lunak.

Biasanya, startup folder hanya berisi tautan ke aplikasi yang ingin Anda luncurkan secara otomatis. Namun, Anda dapat meletakkan file lain (seperti skrip) di startup folder yang ingin dijalankan saat Anda masuk. Ada file lain yang merupakan bagian permanen dari sistem operasi Anda yang dijalankan secara otomatis saat memulai, selain program di folder startup Windows 10. Kunci Run, RunOnce, RunServices, dan RunServicesOnce di registri Windows termasuk di antaranya.

startup settings windows 10
startup settings windows

Artikel ini akan menjelaskan cara menambahkan sebuah program pada sistim start up secara manual pada OS Windows 10

  1. Akses Run Command pada windows dengan cara menekan logo windows+R secara bersamaan pada keyboard anda
  2. Akses start up shell windows dengancara memasukan perintah shell:startup erintah tersebut akan membuka folder start up user yang sedang menggunakan komputer saat itu, jika ingin mengakses folder start up untuk all user maka perintahnya adalah shell:common startup
  3. menambahkan program aplikasi shortcut kedalam windows 10 start up, dengan cara mengakses daftar program yang terinstall dan membuat shortcut kemudian lakukan drag and drop short cut program aplikasi yang hendak anda masukan kedalam windows 10 start up ke desktop

Di mana saya menemukan startup folder?

Meskipun startup folder khusus pengguna dan Semua Pengguna masih ada di direktori menu Mulai, folder mulai di Windows 10 tidak lagi ditampilkan langsung di menu Mulai. Folder ini terletak di lokasi berikut:
C:\Users\USERNAME\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup
C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

Kedua file tersembunyi di dalam struktur direktori partisi Windows 10, itulah sebabnya sistem operasi memungkinkan Anda untuk membukanya dengan perintah shell. Untuk melakukannya, buka kotak dialog Run dari menu Start atau dengan menekan [Windows] + [R]. Kemudian, tergantung pada apakah Anda ingin membuka folder startup Anda sendiri atau folder untuk semua pengguna.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Memiliki Terlalu Banyak Program Startup di Windows 10

Jika Anda memiliki beberapa program penting yang Anda gunakan setiap hari untuk bekerja atau jika Anda terutama menggunakan komputer untuk memainkan permainan tertentu, pertimbangkan untuk menambahkan program yang penting bagi Anda terlebih dahulu dan kemudian menghapus program yang tidak pernah Anda gunakan.

Bloatware sering diinstal sebelumnya di komputer Anda yang tidak pernah Anda gunakan, dan aplikasi sering kali diprogram untuk berjalan saat Windows dijalankan meskipun Anda tidak menginginkannya. Nonaktifkan program startup yang tidak Anda inginkan dan tambahkan yang Anda lakukan. Anda akan memiliki lebih banyak kenyamanan dan waktu startup yang lebih cepat.

Last Updated on Maret 7, 2022

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.