phone Only Charging When Switched Off

Kenapa Ponsel Hanya Dapat Dicas Dalam Keadaan Mati

Batre anda hanya tinggal 3% namun anda sedang asyik berbincang dengan kawan anda atau mungkin anda sedang menonton film di layar ponsel anda, Maka tidak ada pilihan lain anda harus segera mengisi daya batere pada ponsel anda.

Tetapi Saat kabel charging di colokan pada port pengisian daya, Ponsel anda tidak bisa di isi daya. Pengisian daya hanya bisa dilakukan saat ponsel dalam keadaan mati total. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan karena anda tentu saja tidak dapat untuk melanjutkan menonton film atau berbincang dengan kawan anda menggunakan ponsel tersebut.

Timbul satu pertanyaan. Mengapa ponsel hanya bisa mengisi daya saat keadaan mati? Mengapa Anda harus mematikan telepon Anda setiap kali Anda hendak mengisi daya baterenya? Penyebabnya bisa dikarenakan oleh berbagai faktor, Dan pada artikel ini kita akan membahas penyebab dan cara mengatasi mengapa ponsel hanya bisa di isi daya dalam keadaan mati.

battery charging android
battery charging android

Penyebab Ponsel Hanya Dapat Dicas Dalam Keadaan Mati

Pada umumnya penyebab paling sering kenapa ponsel tidak dapat di cas dalam keadaan hidup yaitu port pengisian daya yang mengalami kerusakan atau kesalahan pada sistem operasi sementara juga dapat menyebabkan ponsel Anda hanya dapat di cas saat dimatikan. Dalam kasus lain, Motherboard ponsel yang rusak pun dapat menyebabkan ponsel hanya dapat di isi daya dalam keadaan mati.

Berikut adalah beberapa penyebab mengapa ponsel Anda hanya dapat terisi daya saat dimatikan.

Kerusakan Pada Micro USB Charging Port

Micro USB Charging Port yang rusak adalah salah satu adalah penyebab paling umum ponsel tidak dapat di isi daya atau di cas.

Micro USB Charging Port pada ponsel, berfungsi sebagai “konektor” antara ponsel dan kabel USB untuk pengisisan daya maupun transfer data. Oleh karena itu apabila port tersebut bermasalah, seperti ketika lembab, tidak bersih, berdebu, atau berkarat, Maka pengisian daya pun akan mengalami kendala.

Saat port pengisian daya bermasalah, Pasokan listrik dari soket charger ke ponsel akan mengalami kendala. Ketika ini terjadi, ponsel Anda hanya akan terisi daya hanya apabila anda mematikan ponsel anda. Namun meskipun ponsel dalam kondisi mati dapat terisi daya, pengisian dayanya akan berjalan dengan lambat.

Lalu apa solusi jika Micro USB Charging Port mengalami kerusakan? Cara pertama yaitu membersihkan port charger dari kotoran yang akan menggangu terkoneksinya Kabel charging dengan Ponsel anda.

Namun jika Port Charger telah mengalami kerusakan yang cukup parah, Maka solusinya adalah melakukan penggantian port charging tersebut di tempat service Smartphone terpercaya.

Micro USB Charging Port
Micro USB Charging Port

Baterai Ponsel yang Melemah

Ponsel yang tidak dapat di charge dalam keadaan hidup bisa juga disebabkan karena baterai yang mengalami kerusakan atau kualitas baterai yang buruk. Selain konektor Micro USB Charging Port yang mengalami kerusakan, Baterai ponsel, seperti jenis baterai lainnya, Bisa saja melemah setelah menjalani ratusan siklus pengisian ulang dan penggunaan selama bertahun-tahun.

Saat Anda mencolokkan kabel pengisi daya, Baterai ponsel akan menolak arus, dan listrik mengalir langsung ke ponsel, Bukan mengisi daya baterai. Jika situasi ini yang terjadi, Maka sampai kapan pun anda tidak akan bisa menyelesaikan Proses pengisian daya atau mengecas ponsel.

Dan jika hal ini yang menjadi penyebab kenapa ponsel tidak bisa dicas dalam keadaan hidup, Maka tidak ada jalan lain. Anda harus melakukan pergantian baterai, Hindari menggunakan baterai yang tidak sesuai dengan ponsel anda.

Selalu gunakan baterai resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan ponsel anda. Untuk mengganti baterai yang telah rusak atau melemah, Kunjungi penyedia layanan service resmi agar anda mendapatkan spare part resmi dan bergaransi untuk merek ponsel Anda.

bateri rusak
bateri rusak

Kerusakan Motherboard ponsel

Jika anda yakin baterai anda masih dalam keadaan baik dan prima, Maka penyebab lain kenapa ponsel tidak dapat dicas bisa saja disebabkan oleh Motherboard ponsel yang sudah lemah atau bahkan telah mengalami kerusakan.

Mainboard pada ponsel (atau motherboard) adalah konektor universal yang menghubungkan semua komponen komponen kecil di ponsel Anda. Dan jika bagian yang bertanggung jawab untuk mengatur tegangan atau listrik untuk pengisian daya mengalami kendala.

Maka mungkin itulah yang menjadi penyebab ponsel tidak dapat lagi mengisi daya lagi secara normal, Untuk dapat memastikan dengan yakin apakah benar Motherboard ponsel telah mengalami kerusakan maka teknisi ponsel perlu mendiagnosis dan memperbaiki motherboard (jika masih bisa diperbaiki).

Hal yang menyebabkan Motherboard Melemah? Cairan, panas berlebih, tegangan pengisian daya yang berlebihan (biasanya setelah menggunakan pengisi daya yang tidak kompatibel), penggunaan telepon yang berlebihan, dan berbagai faktor lainnya dapat merusak motherboard telepon Anda.

Namun, seperti yang telah dijelaskan diatas. Untuk dapat memastikan telah terjadi kerusakan pada motherboard tidaklah mudah. Alasannya adalah karena skema motherboard yang cukup rumit dan untuk dapat mendiagnosis serta memperbaikinya dengan benear membutuhkan spesialis ahli yang terampil.

Bawalah ponsel anda yang bermasalah ke pusat service resmi dimana tim ahli akan membantu anda untuk mengatasi masalah anda .

Micro USB Charging Port faulty
Micro USB Charging Port faulty

Kegagalan kabel/pengisi daya

Kabel charger berdampak besar terhadap kinerja ponsel anda, Baik dari kecepatan saat melakukan transfer data hingga disaat digunakan untuk mengisi daya baterai. Kabel USB yang disertakan dalam setiap paket ponsel telah diuji terlebih dahulu oleh tim ahli dari merek Ponsel anda tersebut.

Pengujian berupa pengaturan tegangan yang pas, Bahan yang berkualita prima hingga ketahanan dalam penggunaan untuk jangka panjang. Berbeda dengan kabel Charger bajakan, Dimana kabel kabel tersebut jarang sekali lulus tahapan pengujian tersebut.

Ponsel Anda kemungkinan besar tidak akan terisi daya secara normal jika kabel USB charger mengalami kerusakan atau baterai ponsel yang tegangannya tidak cocok dengan ponsel anda.

Dan jika terjadi kasus dimana charging hanya bisa dilakukan saat ponsel dalam keadaan mati mengisi daya saat dimatikan, Maka dapat dipastikan jika meskipun indikator menunjukan baterai telah terisi penuh, Namun saat ponsel dihidupkan baterai status tidak akan mengalami penambahan daya.

Untuk mengatasi ini, kami sarankan Anda untuk mencoba menggunakan kabel USB charger yang berbeda. Jika setelah menggunakan kabel USB charging yang berbeda ponsel anda dapat terisi daya dengan normal . Maka bisa dipastikan bahwa penyebab masalah tersebut adalah kabel USB charging yang tidak normal .

Cable charger failure
Cablecharger failure

Bug Pada Software Ponsel

Pada perangkat ponsel anda terinstall apa yang disebut Sistim Operasi. OS tersebut bisa bermacam macam tergantung pabrikan ponsel anda itu sendiri. IOS, Android, Java dan sistim operasi lainya adalah yang umum m terdapat pada ponsel.

Dan didunia ini tidak ada sistim yang sempurna, Seringkali pembaharuan software itu terdapat bug atau kesalahan saat diluncurkan ke publik.

Saat ponsel Anda dihidupkan dan aktif, Perangkat lunak yang bermasalah kemungkinan besar akan mencegahnya untuk mengisi daya. Jika itu masalahnya adalah memang terdapat bug pada perangkat lunak sistim operasi.

Maka proses pengisian daya akan mengalami kendala, itulah sebabnya ponsel Anda hanya dapat mengisi daya pada saat kondisi ponsel dalam keadaan mati.

Untuk mengatasi masalah ponsel tidak dapat dicas dalam keadaan hidup yang diakibatkan oleh kesalahan sistim cukup mudah. Lakukan update firmware untuk versi yang stabil.

Software issues and heavy usage
Software issues and heavy usage

Kesimpulan

Sering kali, penyebab utama masalah ponsel yang tidak dapat dicas bukan disebabkan oleh firmware yang mengalami malfungsi atau terdapat Bug. Umumnya penyebabnya yaitu terdapat pada hardware ponsel anda yang memerlukan pergantian.

Hindari mencoba coba atau memperbaiki ponsel anda sendiri, Untuk dapat mendiagnosis penyebab pasti permasalahanya Anda akan memerlukan bantuan profesional.

Hanya teknisi yang ahli dan andal yang dapat memperbaiki Micro USB Charging Port yang rusak, baterai yang rusak, atau Micro USB Charging Port yang tidak berfungsi. Oleh karena itu, kami menganjurkan agar Anda hanya pergi ke service center resmi merek ponsel Anda.

 

Last Updated on Maret 30, 2022

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.